Kamis, 22 Agustus 2013

Syarat Masuk UNS Melalui Jalur SNMPTN

PERSYARATAN KHUSUS BAGI YANG MEMILIH PROGRAM STUDI DI UNS
1. Setiap peserta hanya dapat memilih program studi yang serumpun, siswa atau peserta SMTA IPA memilih program studi kelompok IPA dan SMTA IPS/Bahasa memilih program studi kelompok IPS, kecuali Program Studi PGSD Guru Kelas, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Pend. Kepelatihan Olahraga boleh dipilih dari Siswa SLTA IPA dan IPS.
 
2. Memenuhi persyaratan nilai rata-rata rapor tiap semester : ≥ 7,5 atau 75 tanpa ada nilai ≤ 5,0 atau 50, kecuali untuk Prodi Penjaskesrek, dan Penkepor serta Pendidikan Seni Rupa boleh ≥ 7,0 atau 70. Khusus untuk program studi sebagai berikut:
  • Ilmu Hukum, Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan, nilai mata pelajaran Matematika tidak ada nilai ≤ 5,0 atau 50.
  • Pendidikan Jasmani dan Kesehatan dan Rekreasi dan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, nilai mata pelajaran Olahraga minimal 7,0 atau 70.
  • Pendidikan Seni Rupa, nilai mata pelajaran Seni Rupa/ Menggambar minimal 7,0 atau 70.
3. Peserta dpt menyertakan Portofolio prestasinya, jika mempunyai prestasi di bidang:
  • Olahraga atau Seni di tingkat Nasional (Juara I, II, atau III) yang diselenggarakan KONI, POPSI dan atau institusi/badan yang sesuai dengan bidangnya (pada 2 tahun terakhir).
  • Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang diselenggarakan oleh institusi/badan yang berkompeten dan memiliki kredibilitas tinggi (pada 3 tahun terakhir).
  • Hafidzul Qur’an (Penghafal Al Qur’an, minimal 10 juz) yang dinyatakan dengan ”sertifikat tahfidz” dari lembaga berkompeten dan memiliki kredibilitas tinggi (pada 3 tahun terakhir).
4. Memenuhi persyaratan kesehatan yang tidak mengganggu kelancaran belajar di prodi pilihannya:
  • Untuk Prodi: Arsitektur, Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), Teknik Kimia, Kimia, Kriya Seni (Desain Tekstil), Seni Rupa Murni (Seni Lukis, Grafis, Patung, Keramik), Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Pendidikan Kimia, Pendidikan Seni Rupa, dipersyaratkan tidak boleh buta warna keseluruhan, tidak boleh buta warna sebagian.
  • Untuk Prodi: Pendidikan Dokter, Teknik Sipil, Teknik Industri, Agroteknologi/Agroekoteknologi, Agribisnis, Peternakan, Ilmu dan Teknologi Pangan, Fisika, Biologi, Pend. Fisika, Pend. Biologi, dipersyaratkan tidak boleh buta warna keseluruhan, boleh buta warna sebagian.
  • Untuk Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Pend. Kepelatihan Olahraga, dipersyaratkan Tinggi Badan minimal Putra 160 cm, sedangkan tinggi badan Putri minimal 155 cm.

PROGRAM STUDI S-1


KELOMPOK IPA

KELOMPOK IPS

I.



I.





1. Pendidikan Dokter
1. Ekonomi Pembangunan

2. Psikologi

2. Manajemen

3. Akuntansi


II.









1. Teknik Sipil
II.



2. Arsitektur
1. Ilmu Hukum


3. Teknik Industri

4. Teknik Mesin
III.






5. Teknik Kimia
1. Ilmu Administrasi Negara

6. Perencanaan Wilayah dan Kota


2. Ilmu Komunikasi

3. Sosiologi

4. Hubungan Internasional


III.







1. Matematika
IV.










2. Fisika
1. Ilmu Sejarah

3. Kimia
2. Sastra Indonesia

4. Biologi
3. Sastra Inggris

5. Teknik Informatika
4. Sastra Daerah untuk Sastra Jawa

6. Farmasi
5. Kriya Seni (Desain Tekstil)

IV.







6. Seni Rupa Murni (Seni Lukis, Grafis, Patung, Keramik)

1. Agroteknologi/Agroekoteknologi
7. Desain Interior

2. Agribisnis
8. Desain Komunikasi Visual

3. Peternakan
9. Sastra Arab

4. Ilmu dan Teknologi Pangan
V.
















5. Ilmu Tanah
1. Pendidikan Sejarah

6. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
2. Pendidikan Geografi


3. Pend. Pancasila & Kewarganegaraan (PPKn)

V.











4. Pend. Luar Biasa (Pendidikan Khusus)

1. Pendidikan Fisika
5. Pend. Jasmani, Kesehatan & Rekreasi

2. Pendidikan Kimia
6. Pendidikan Kepelatihan Olahraga

3. Pendidikan Biologi
7. Pendidikan Ekonomi

4. Pendidikan Matematika
8. Pend. Bhs, Sastra Indonesia & Daerah

5. Pendidikan Teknik Mesin
9. Pendidikan Bahasa Inggris

6. Pendidikan Teknik Bangunan
10. Pendidikan Seni Rupa

7. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
11. Pendidikan Sosiologi Antropologi

12. Pend. Guru Sekolah Dasar (PGSD)

13. Bimbingan Konseling

14. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD)

15. Pendidikan Bahasa Jawa

 

Sumber : http://www.spmb.uns.ac.id/

57 komentar:

  1. kalau ada nilai matematika yang 58 pada semester 1 kelas XII apakah bisa masuk fakultas ekonomi ?

    BalasHapus
  2. Anak saya ingin ikut SBMPTN di UNS mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual (F Sastra & Seni Rupa). Masalahnya, anak saya dari SMA program IPA. Bisakah? Desain grafis sudah menjadi obsesinya sejak SD dan SMP dan mengira desain grafis bagan dari IPA karena berkaitan dengan komputer. Ditunggu jawabannya.
    Oh, ya. Saya adalah mahasiswa PPs UNS Prodi B Inggris asal Pontianak dan sekarang sedang melakukan penelitian untuk thesis.
    Terima kasih

    BalasHapus
  3. apakah siswi smk bisa masuk snmptn jurusan pendidikan akuntansi atau pgsd di unesa? jurusan perbankan smk,,,,terima kasih

    BalasHapus
  4. mau tanya ka, kalo nilai rata rata rapotnya ada yang turun mempengaruhi ga ka?

    BalasHapus
  5. Apakah masuk ke UNS itu sulit????jika benar sulit...apa penyebabnya??

    Katanya kalau tak ada kenalan dari dalam UNS tak bisa masuk ke UNS...

    Apa benar ya???

    Mohon dibalas..Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. asalammuaalaikum.
      aku igin masuk fk uns, jika tidak lulus apakah ada jalur lain selain snmptn dn sbmptn .. di balas ya kak

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  6. asalammualaikum.
    kak aku mau masuk fk uns . jika tidak lulus pada snmptn dan sbmptn apakah ada jalur lain selain yang dua itu..
    wasalam

    BalasHapus
  7. asalammualaikum.
    kak aku mau masuk fk uns . jika tidak lulus pada snmptn dan sbmptn apakah ada jalur lain selain yang dua itu..
    wasalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak, saya mau masuk jurusan desain interior uns melalui jalur snmptn. Sedangkan saya dari jurusan IPA. apakah saya sudah tdk ada peluang untuk masuk desain interior uns melalui snmptn (undangan)??

      Hapus
  8. Kak, saya pengen masuk FK UNS, nah itu syaratnya nilai Biologi sama Kimia di raport minimal berapa ya kalau melalui jalur SNMPTN? Makasih:)

    BalasHapus
  9. Kak, mau tanya anak IPA bisa ga ya masuk ke UNS lewat SNMPTN dengan prodi Pendidikan Sejarah ? Pend. Sejarah kan untuk anak IPS, apakah anak IPA yang ingin masuk hanya bisa lewat SBMPTN? Mohon dijawab.

    BalasHapus
  10. Kak mau nanya, saya anak IPA. Tapi mau ambil jurusan akuntansi di uns lewat jalur undangan. Apakah bisa? Dan nilai rapor turun apa mempengaruhi penilaian dalam jalur undangan. Lalu rangking dipake gak daftar jalur undangan? Trims.

    BalasHapus
  11. Mau tanya nih kak, kalau pengen jadi Mahasiswa UNS apalagi ambil Pendidikan yang Great nya Tinggi misalkan aja nih ya "Kedokteran" selain dilihat dari nilai itu juga kan dilihat dari para Alumni dari sekolah asal. Jika alumni saya yang sebelum-sebelumnya tidak ada yang jadi Mahasiswa UNS apakah saya bisa dan ada kesempatan untuk menjadi Mahasiswa UNS?

    Mohon untuk di jawab ya kakak :). Tks

    BalasHapus
  12. yakin ka buta warna parsial boleh masuk kedokteran? soalnya saya pengen banget masuk kedokteran tapi buta warna parsial.. hiks..

    BalasHapus
  13. ini kalau dari smk9 jurusan TKJ mau masuk Informatika bisa nggak ya. katane guruku susah

    BalasHapus
  14. kira kira kalau untuk daerah jakarta dengan rata rata rapot 8 jalur SNMPTN sulit tidak untuk masuk uns jurusan manejemen?. trimakasih

    BalasHapus
  15. Kak mau nanya, saya kan disekolah program IPA, tapi saya ingin masuk jurusan akuntansi di UNS lewat jalur SNMPTN. Apakah bisa? Mohon dijawab ya kak :)

    BalasHapus
  16. kalau s1 farmasi apakah sudah bisa masuk lewat SNMPTN ?

    BalasHapus
  17. Kak kalo gemuk itu berpengaruh buat tes kesehatan FK ngga sih?

    BalasHapus
  18. Smk kesehatan boleh masuk farmasi gag sich ?

    BalasHapus
  19. kak portofolio desain interior perlu ppt kah? kalo iya gimana/dimana saya bisa dapet pptnya?

    BalasHapus
  20. Ka aku mau tanya di UNESA ada fk nya kah kok aku gapernah dnger?

    BalasHapus
  21. apakah lulusan smk multimedia bisa mendaftar di fakultas kedokteran (psikologi)? mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu jawab ya,
      kalo psikologi fk setau saya memang dikhususkan untuk siswa IPA, tapi kalo mas dari smk dan berniat untuk ke psikologi bisa ke ui yang memang mengutamakan dari IPS.
      dan setau saya psikologi di PTN memang biasanya masuk dalam kategori FK, atau mas bisa mencari PTS yang banyak membuka FPsi dari sekolah umum (sma ipa/ips/smk)
      (saya mahasiswi fpsi pts, hehe..)
      kalo kurang jelas boleh tanya ke ask.fm/wildasuryadi (bukan maksud promosi)
      semoga membantu :)

      Hapus
  22. apakah lulusan smk multimedia bisa mendaftar di fakultas kedokteran (psikologi)? mohon bantuannya.

    BalasHapus
  23. Kalau mau masuk jurusan arsitektur kira-kira berapa nilai yang harus dicapai?

    BalasHapus
  24. Kalau mau masuk jurusan arsitektur kira-kira berapa nilai yang harus dicapai?

    BalasHapus
  25. Kalau mau masuk jurusan arsitektur kira-kira berapa nilai yang harus dicapai?

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. SMK jurusan Akuntansi ngambil kuliah Agribisnis bisa-kah? Mau tahu dong, mata kuliah apa saja yang bisa di ambil oleh lulusan SMK Akuntansi?
    Terimakasih

    BalasHapus
  28. apakah buat masuk fk pertanian boleh pake kacamata atau mengalami sakit mata minus???

    BalasHapus
  29. kalau kita mau ambil psikolog, berarti kita tes melalui fakulta kedokteran? atau gimna?

    BalasHapus
  30. assalamualaikum, saya ingin masuk fk UNS syarat apa saja yang diperlukan? syukron.

    BalasHapus
  31. apakah jalur snmptn teknik mesin uns hanya menerima calon mahasiswa putri saja ?

    BalasHapus
  32. Kak, saya mau masuk jurusan desain interior uns melalui jalur snmptn. Sedangkan saya dari jurusan IPA. apakah saya sudah tdk ada peluang untuk masuk desain interior uns melalui snmptn??

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. kalau nilai saya ada yang 73 masuk Faramasi bisa nggak?

    BalasHapus
  35. kalau nilai saya ada yang 73 masuk Faramasi bisa nggak?

    BalasHapus
  36. assalamualaikum...kak saya dari MA ,,,apakah bisa masuk ke fakultas matematika murni? gimana untuk mempermudahnya

    BalasHapus
  37. assalamualaikum, saya dari anak ipa, tapi saya ingin masuk jurusan akuntansi apa bisa?

    BalasHapus
  38. saya dari jurusan ipa tapi mau masuk hukum gimana?? trimakasih

    BalasHapus
  39. kalau siswa smk bisa masuk jurusan di kelompok ipa ngga??
    contoh nya di ilmu pendidikan tik. Thanks

    BalasHapus
  40. kalau saya dari jurusan ipa mau masuk PGSD UNS bisa tidak? katanya jika masuk ke jurusan IPS bisa mempegaruhi nilai..

    BalasHapus
  41. Ka mau nanya nih saya dari anak ipa tapi mau masuk jurusan menajemen d UNS apakah bisa ? Dan pda semester 1-4 kami ada mapel ekonomi tapi pada semester 5 ini gak ada mapel ekonomi trus gimana dengan kami yang mau ngambil jurusan menajemen nanti ? Apakah bisa ? Mohon jawabannya ka :)

    BalasHapus
  42. Ka mau nanya nih saya dari anak ipa tapi mau masuk jurusan menajemen d UNS apakah bisa ? Dan pda semester 1-4 kami ada mapel ekonomi tapi pada semester 5 ini gak ada mapel ekonomi trus gimana dengan kami yang mau ngambil jurusan menajemen nanti ? Apakah bisa ? Mohon jawabannya ka :)

    BalasHapus
  43. Kak mau tanya.kalo ngambil jurusan ilmu komunikasi tapi kesehatan mata sya kurang buta warna si enggak tapi rabun jauh jdi harus pakai kacamata.jdi Kak bisa masuk gak ke ikom?
    Mohon jawabannya kak terimakasih:)

    BalasHapus
  44. Kak saya jurusan IPA tapi saya mau ngambil sastra Inggris di uns ,bisa gk kak?

    BalasHapus
  45. Kak saya mau ambil fakultas kedokteran lewat jalur SMPTN 2019 ini...mau tanya kuota berapa yg untuk jalur SMPTN 2019 ini Kak? trs nilai rata2 raport yg diterima paling rendah berapa kak? terima kasih.

    BalasHapus
  46. Kak saya dari man 1 bangka ,jurusan ipa bisa ngk kalo saya masuk uns lewat jalur snmptn karena bahasa arab salh satu pelajaran juga di man

    BalasHapus
  47. Assalamualaikum, saya mau bertanya. Untuk jalur SNMPTN nilai rata-rata rapot yang memenuhi jurusan Agribisnis berapa?

    BalasHapus
  48. Ka, kalau ada nilai yang 74 disalah satu mapel, apakah masih bisa mendaftar?

    BalasHapus
  49. Ka, berarti anak ipa ga bisa milih prodi dkv uns pas snmptn dong?😭

    BalasHapus