Sabtu, 27 Juli 2013

Tentang Blog

Hai sahabat Matoh, perkenalkan, Blog ini adalah sebuah Blog yang memberikan ringkasan tentang beberapa Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta yang ada di Indonesia.

Pembuatan Blog ini juga diharapkan dapat membantu kalian untuk lebih mengenal jenis - jenis Perguruan Tinggi, sehingga kalian sahabat Matoh, dapat menentukan pilihan terbaik kalian setelah lulus nanti.

Nah untuk memudahkan kalian sebelum kalian dapat menentukan jurusan apa atau perguruan tinggi yang bagaimana yang akan kalian tuju nanti, akan saya tunjukkan beberapa pengertian singkat tentang jenis - jenis Perguruan Tinggi.

UNIVERSITAS adalah lembaga pendidikan tinggi negara yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan yang tersusun atas dasar keseluruhan dan kesatuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. (PP5/1980).

INSTITUT adalah lembaga pendidikan tinggi negara yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan yang tersusun atas dasar keseluruhan ilmu pengetahuan dan teknologi sejenis, atau seni. (PP5/1980).

SEKOLAH TINGGI adalah lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan keahlian dalam suatu cabang ilmu, teknologi, atau seni yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, instansi pemerintah lainnya, dan penyelenggaraan perguruan tinggi swasta yang pembinaannya dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (PP 3/1988).

AKADEMI adalah lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan keahlian khusus dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu, teknologi, atau seni yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, instansi pemerintah lainnya dan penyelenggara perguruan tinggi swasta yang pembinaannya dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (PP 3/1988).

POLITEKNIK pengertiannya hampir sama dengan akademi, akan tetapi dapat menghasilkan D1, D2, D3 atau D4.
 
Pengertian di atas adalah definisi menurut peraturan. Jika masih bingung, gampangnya begini, jika kalian ingin kuliah tentukan dulu mau ambil S1 atai diploma, jika memilih S1 maka jangan memilih akademi atau lembaga yang menghasilkan diploma. Selanjutnya kalian tentukan jurusan, jika ingin mengambil jurusan teknik, bisa di UNESA atau di ITS, akan tetapi karena ITS lebih khusus ke teknik maka jurusan yang dimiliki lebih banyak daripada UNESA. Bagaimana? Sudah paham kan? Selamat memikirkan masa depan.

well, let's check it out

0 komentar:

Posting Komentar