Selasa, 20 Agustus 2013

PMB ITS 2013 (Jalur PKM)

Pengantar
Sistem Penerimaan Calon Mahasiswa Baru ITS tahun akademik 2013/2014 untuk program Sarjana dilakukan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) serta Seleksi Mandiri. Kuota penerimaan melalui SNMPTN adalah minimal sebesar 50 persen, SBMPTN minimal sebesar 30 persen dan seleksi mandiri maksimal sebesar 20 persen. Seleksi mandiri di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) diberi nama Program Kemitraan dan Mandiri (PKM). Tujuan dari penerimaan mahasiswa baru melalui PKM adalah sebagai berikut.
     • Menjaring calon mahasiswa yang berkualitas
     • Meningkatkan kerjasama dan pemerataan kesempatan
Program Kemitraan diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK-sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan merupakan utusan instansi mitra (Perusahaan/Pemprop/Pemkab/Pemkot) yang mempunyai nota kesepahaman dengan ITS; sedangkan Program Mandiri diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK-sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dari masyarakat umum yang berminat.
 
Mekanisme Penerimaan Jalur PKM
Terdapat 2 (dua) jalur penerimaan calon mahasiswa melalui PKM yaitu melalui :
     1. Program Kemitraan, dan
     2. Program Mandiri
Program Kemitraan hanya diperuntukkan bagi mitra yang telah dan akan melakukan kerjasama dengan ITS ditunjukkan dengan adanya MoU dan MoA.

Mekanisme Seleksi Masuk Jalur PKM
Seleksi penerimaan calon mahasiswa baru Program PKM semua program studi akan didasarkan pada nilai yang diperoleh dalam ujian SBMPTN Tahun 2013 kecuali program studi Desain Produk dan Industri. Oleh karena itu, setiap calon peserta wajib terdaftar di SBMPTN Tahun 2013 dengan memilih Kelompok Ujian Saintek atau Campuran. Khusus, untuk pilihan program studi Desain Produk Industri, juga wajib terdaftar sebagai peserta di UMDESAIN Tahun 2013.

Daya Tampung
Calon peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dari daftar program studi di bawah ini (urutan pilihan program studi menyatakan prioritas pilihan) dengan daya tampung sebagai berikut.



Fakultas
Program Studi
Daya Tampung
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)


Fisika 1)
17
Matematika
25
Statistika
30
Kimia 1)
24
Biologi 1)
18
Fakultas Teknologi Industri (FTI)
Teknik Mesin
40
Teknik Elektro
40
Teknik Kimia 1)
36
Teknik Fisika
30
Teknik Industri
40
Teknik Material dan Metalurgi
30
Manajemen Bisnis 2)
10
Teknik Multimedia dan Jaringan
10
Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP)
Teknik Sipil
30
Arsitektur 1)
20
Teknik Lingkungan 1)
24
Desain Produk Industri 1) 2) 3)
36
Teknik Geomatika 1)
20
Perencanaan Wilayah dan Kota 2)
16
Teknik Geofisika 1)
12
Fakultas Teknologi Kelautan (FTK)
Teknik Perkapalan
18
Teknik Sistem Perkapalan
24
Double Degree Marine Engineering
10
Teknik Kelautan
25
Transportasi Laut
9
Fakultas Teknologi Informasi (FTIF)
Teknik Informatika
40
Sistem Informasi 2)
40
  1. Hanya boleh diikuti calon pendaftar yang tidak buta warna.
  2. Semua program studi di ITS hanya menerima pendaftar dari SMA/MA/SMK sejenis jurusan eksakta, kecuali program studi Managemen Bisnis, Desain Produk Industri, Perencanaan Wilayah dan Kota, Sistem Informasi, dengan catatan pendaftar telah mengikuti SBMPTN 2013 kelompok ujian Saintek atau Campuran.
  3. Harus mengikuti UMDESAIN 2013

2 komentar:

  1. kalau sbmptn saya memilih manajemen bisnis. apakah waktu jalur kemitraan saya bisa alih jurusan di teknik industri ? terimakasih

    BalasHapus
  2. caranya dapat mitra itu gimana ya?

    BalasHapus