Jumat, 23 Agustus 2013

Prosedur Dan Syarat PMB ISI Jogjakarta

PROSEDUR DAN SYARAT PENDAFTARAN

A. PROSEDUR PENDAFTARAN MANUAL
  1. Biaya penyelenggaraan seleksi akan dibebankan pada BOPPTN, calon mahasiswa tidak dikenakan biaya apapun.
  2. Panduan dan Formulir pendaftaran dapat diperoleh dengan mengunduh di http://pmb.isi.ac.id atau datang langsung ke sekretariat Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Yogyakarta Gedung Rektorat, Jalan Parangtritis Km 6,5 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
  3. Menyerahkan 2 rangkap formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap.
  4. Bagi yang akan lulus tahun 2013 melampirkan Surat Keterangan telah mengikuti Ujian Akhir dan foto copy rapot semester III, IV dan V yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan.
  5. Bagi lulusan tahun 2012 dan sebelumnya cukup melampirkan 2 lembar foto copy STTB/Ijazah SMA/SMK sederajat dan SKHUN yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan.
  6. Menyerahkan 4 lembar pasfoto resmi terbaru ukuran 3×4 background warna merah.
  7. Melampirkan isian wawasan seni tari bagi pilihan program studi seni tari, isian partitur/instrumen bagi pilihan seni musik.
  8. Melampirkan data penghasilan orang tua yang telah disahkan oleh Bendaharawan bagi yang berpenghasilan tetap (PNS/TNI/POLRI/ Karyawan Swasta), dan untuk yang lainnya disahkan oleh Kepala Desa setempat.
  9. Melampirkan surat keterangan sehat dan bebas penggunaan NAPZA dari Dokter. (serta perhatikan pada syarat ketentuan khusus)
  10. Kartu Peserta Seleksi tertera Nomor Tes, Pilihan Program Studi, Pasfoto calon serta cap legalitas akan diberikan setelah ditandatangani peserta sesuai tanggal penyerahan berkas.
  11.   11. Semua berkas persyaratan dimasukan dalam stopmap (warna biru untuk FSR, warna merah muda untuk FSP, dan warna kuning untuk FSMR)
Catatan: butir 9 diatas dapat diserahkan setelah dinyatakan diterima pada saat registrasi.

B. PROSEDUR PENDAFTARAN ON LINE
  • Pendaftaran dilakukan secara online di laman http://pmb.isi.ac.id dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat/diunduh di laman tersebut pada bagian Informasi.
  • Sebelum melakukan pendaftaran, perhatikan dan siapkan berkas-berkas yang dipersyaratkan:
  1. Data Identitas Diri (KTP/SIM/Kartu Pelajar) 
  2. Data Ijazah dan Nilai Ujian Nasional 
  3. Data Nilai Rapot Semester III, IV dan V 
  4. Data Sekolah Asal 
  5. Softfile pasfoto terbaru ukuran 3×4 background warna merah, dalam format jpeg ukuran maksimal 200 kb.
  • Sebelum mengisi formulir, pastikan terlebih dahulu pilihan sistem/jalur seleksi dan pilihan program studinya
  • Pendaftaran online dimulai sesuai jadwal yang telah ditentukan.
  • Kesalahan dalam pengisian formulir pendaftaran online menjadi tanggungjawab pendaftar, data yang sudah disimpan tidak dapat diubah.
  • Setelah sukses melakukan pengisian dan penyimpanan data, lakukan pencetakan biodata dan kartu peserta saudara sebanyak 2 lembar pada kertas ukuran A4 (diharapkan dalam printer warna)
  • Data pendaftaran akan segera kami proses, jika saudara telah menyerahkan berkas persyaratan verifikasi dan validasi data, sebagai berikut :
  1. Bagi yang akan lulus tahun 2013 melampirkan Surat Keterangan telah mengikuti Ujian Akhir dan foto copy rapot semester III, IV dan V yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan.
  2. Bagi lulusan tahun 2012 dan sebelumnya melampirkan 2 lembar foto copy STTB/Ijazah SMA/SMK sederajat dan SKHUN yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan
  3. Melampirkan 4 lembar pasfoto resmi terbaru ukuran 3×4 background warna merah.
  4. Melampirkan isian wawasan seni tari bagi pilihan program studi seni tari, isian partitur/instrumen bagi pilihan seni musik. (format isian dapat diunduh)
  5. Melampirkan surat keterangan penghasilan orang tua yang telah disahkan oleh Bendaharawan bagi yang berpenghasilan tetap (PNS/TNI/POLRI/ Karyawan Swasta), dan untuk yang lainnya disahkan oleh Kepala Desa setempat
  6. Melampirkan surat keterangan sehat dan bebas penggunaan NAPZA dari Dokter (serta perhatikan pada syarat ketentuan khusus)
  7. Kartu Peserta saudara akan dilegalisasi oleh Panitia setelah ditandatangani peserta dan tervalidasi sesuai tanggal penyerahan berkas
    Catatan: butir f diatas dapat diserahkan setelah dinyatakan diterima pada saat registrasi.
  • Bagi peserta luar kota diberi kesempatan untuk mengirimkan berkas verifikasi dan validasi data tersebut melalui pos, dengan ketentuan berkas tersebut sudah harus diterima panitia paling lambat sesuai jadwal yang telah ditentukan (keterlambatan pengiriman/penyampaian) bukan tanggungjawab panitia.
MATERI SELEKSI
  • Materi Tes Umum 
  • Materi Tes Khusus 
PERSYARATAN DAN KETENTUAN KHUSUS
Selain persyaratan di atas, calon diwajibkan pula memenuhi persyaratan:
  • Sehat paru-paru dan THT, untuk FSP semua Jurusan. 
  • Tidak buta warna menurut dokter spesialis kecuali Program Studi Seni Musik, Seni Karawitan, dan Etnomusikologi. 
  • Tidak cacat fisik yang dapat mengganggu proses studi pada masing-masing Jurusan di FSP.
Pada Tahun Akademik 2013/2014 ISI Yogyakarta mempunyai daya tampung sebagai berikut:

Program Studi/Jenjang
Program
Daya Tampung
Seni Tari (S1)
Reguler
50
Seni Karawitan (S1)
Reguler
30
Seni Musik (S1)
Reguler
80
Seni Teater (S1)
Reguler
40
Etnomusikologi (S1)
Reguler
40
Seni Pedalangan (S1)
Reguler
10
Seni Rupa Murni (S1)
Reguler
100
Kriya Seni (S1)
Reguler
90
Batik & Fashion (D3)
Reguler
20
Disain Interior (S1)
Reguler
40
Disain Interior (S1)
Non Reguler
40
Disain Komunikasi Visual (S1)
Reguler
45
Disain Komunikasi Visual (S1)
Non Reguler
45
Fotografi (S1)
Reguler
45
Televisi (S1)
Reguler
45
Televisi (S1)
Non Reguler
30
Animasi (D3)
Reguler
45

Sumber : http://isi.ac.id/

4 komentar:

  1. Bagaimana cara mengisi nomor ijazah dan tanggal ijazah kalau ijazahnya belum keluar?

    BalasHapus
  2. PMB ISI JOGJA 2016/2017 informasinya dimana.?

    BalasHapus
  3. PMB ISI JOGJA JALUR REGULER LEWAT PENDAFTARAN ONLINE APAKAH SUDAH ADA???

    BalasHapus
  4. PMB ISI JOGJA JALUR REGULER LEWAT PENDAFTARAN ONLINE APAKAH SUDAH ADA???

    BalasHapus